23 Juli 2009

Cara Hindari Obat Saat Sakit Ringan

HINDARI efek samping zat kimia obat saat Anda sedang berusaha mengobati gangguan kesehatan ringan, mulai dari sakit kepala, jerawat, hingga masalah konstipasi yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Untuk membantu Anda menghindari efek samping zat kimia obat, berikut beberapa makanan yang bisa membantu Anda meredakan gangguan-gangguan kesehatan ringan tersebut.

Jerawat
Jerawat biasanya dipicu oleh berbagai faktor, tapi penimbunan hormon di dalam tubuh merupakan penyebab yang paling umum. Pada usia yang lebih tua, stres, penggunaan obat-obatan dan faktor lingkungan seperti polusi dan iritasi kulit juga bisa menjadi penyebab.

Tidak harus mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen, Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari buah-buahan dan sayuran seperti apel, pir, anggur, jeruk sitrus, nenas, dan prem. Selain kaya vitamin tersebut, makanan ini juga kaya akan serat yang berfungsi membantu tubuh mengeluarkan racun-racun.

Secara umum, tidak ada obat yang sepenuhnya bisa menyembuhkan jerawat. Tetapi, makan buah dan sayur ini disertai dengan menambah asupan whole grain dan menghindari racun-racun seperti gula, kafein, dan garam akan mengurangi risiko Anda menderita jerawat.

Konstipasi
Sejauh masih berkaitan dengan laksatif alami, tidak ada yang lebih baik daripada diet yang kaya serat. Untuk mendapatkan serat, Anda bisa mengonsumsi buah. Hampir semua buah, kecuali pisang, sangat kaya akan serat dan bisa membantu mengatasi masalah yang satu ini.

Selain itu, cobalah menambahkan asupan roti whole grain ke dalam diet Anda. Whole grain kaya serat yang bisa membantu menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan.

Sakit kepala
Sakit kepala mempunyai segudang faktor pemicu, mulai dari stres, kebisingan, mata terlalu tegang, minum alkohol berlebih hingga penimbunan racun-racun di dalam tubuh. Sakit kepala juga berkaitan dengan alergi makanan. Pemicu utamanya termasuk susu dan produk-produk susu, cokelat, ayam dan hati.

Bagian tersulitnya, tidak ada satu obat tunggal yang bisa mengatasi sakit kepala sepenuhnya. Obat yang dijual di apotik mungkin bisa meredakan beberapa gejala tetapi tidak bisa menyelesaikan akar masalahnya, khususnya jika Anda mengalami alergi terhadap makanan atau komponen yang terdapat dalam obat, seperti kafein.

Cara alami yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan aliran darah dan memperbanyak suplai oksigen ke otak. Untuk membantu meningkatkan aliran darah, cobalah minum teh herbal yang dicampur dengan 3 potong jeruk lemon atau langsung minum teh peppermint. Selain itu, konsumsi 2 sendok teh madu setiap makan juga bisa membantu menyembuhkan migrain dan mabuk alkohol. Kandungan magnesium di dalamnya akan membantu merelakskan arteri, meningkatkan aliran darah ke otak. (MI; Ikarowina Tarigan)

0 comments:

Sebelum keluar kasih komentar dulu ya...

Powered By Blogger

Nyari Komisi Gretongan Disini Nih

Primary Education Blogs - BlogCatalog Blog Directory Add to Technorati Favorites
widgets Share/Save/Bookmark online counter

  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP